Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur-unsur Saluran Distribusi dan Macam-macam Penyalur!

Unsur-unsur Saluran Distribusi dan Macam-macam Penyalur!

Hai sobat marketer, pada kesempatan ini langsung saja kita akan membahas "unsur unsur saluran distribusi produk"
unsur unsur saluran distribusi:
* agen: merupakan perantara yang tidak memiliki barang yang diperdagangkan tapi dia sebagai penghubung.
* pedagang: merupakan perantara yang memiliki barang yang diperdagangkan
* jumlah perantara, yang akan digunakan perusahbn ditentukan oleh penyebaran pasar yang di inginkan perusahaan.
baca juga:

Macam-macam Penetapan Harga Dalam Pemasaran!

Prosedur Menentukan Saluran Distribusi:
~ melakukan analisis terhadap barang barang yang akan dipasarkan
~ menentukan sifat sifat barang yang akan dipasarkan dan luasnya pasar
~ meninjau saluran distribusi yang sudah ada dan yang belum ada
~ menilai masing masing saluran distribusi dari sudut potensialnya
~ melakukan penelitian pasar
~ menentukan sifat dan luasnya kerja sama antara perusahaan dengan saluran distribusi.
~ melakukan penilaian secara berkelanjutan terhadap saluran distribusi.
Macam Macam Peoyalur: Berdasarkan banyaknya lembaga penyalur ada 3 macam penyalur.

* penyalur intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk, prosesnya cepat. setelah terjadi transaksi penjualan maka produsen tidak bertanggung jawab lagi.

* penyalur selektif, ditentukan terbatas ini untuk menekan biaya penjualan, umumnya penyalur selektif hanya menyalurkan pada golongan tertentu saja.

* penyalur ekslusif, harus berwibawa dan kepribadian yang baik. mampu dan bertanggung jawab atas kelincahannya dalam mencari kmsumen.

Faktor Faktor Pemilihan Penyalur:
~ banyaknya penyalur
~ pola saluran distribusi
~ bonafiditas para penyalur
~ kemampuan menjual produk
~ tenaga penjual yang terlatih
~ lokasi penyaluran
~ sarana dan prasarana yang memadai

sedangkan pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam penetapan penyalur seperti:
~ modal yang diperlukan
~ efisiensi penyaluran massal
~ balas jasa modal
~ pengalaman dan efisiensi para penyalur.
baca juga:

Kombinasi Harga / Price Mix Dalam Pemasaran!

sekian pembahasan kita sob. semoga bermanfaat yah..
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Unsur-unsur Saluran Distribusi dan Macam-macam Penyalur!"